Senin, 19 Oktober 2009

Sejarah Komputer



Artikel komputer 1980-1984


GENERASI PERTAMA(1980)


Dengan terjadinya perang dunia kedua negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potesistrategis yang di miliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.pada tahun 1941, konrad zuse,seorang insinyur jerman membangun sebuah komputer, z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Pihak inggris pun sudah menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia.
Usaha yang di lakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aieken seorang Insinyur Harvard yang bekerja dengan I BM, berhasil memproduksikan kalkulator elektronik untuk US NAVY. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki tentang kabel sepanjang 500 mil.
Perkembangan komputer lainnya pada masa kini adalah lectronic Numerical In Tegrator AND Computer (ENIAC). yang dibuat oleh kerjassama antara pemerintah Amerika Serikat dan Universiti Of Pennsy Ivania. Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160 KW.
Komputer ini si rancang oleh John presper Eckert dan John W. Mauchly(1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (GeneralPurpose Computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat di bandingkan dengan Mark I.
komputer Generasi Pertama dikaraktristikkan dengan fakta bahwa instruksi oprasi du buat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang di sebut "BAHASA MESIN"(MACHINELANGUAGE). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk di program dan membatasi kecepatan.




Sejarah Komputer Generasi Keempat pada tahun 1981



  • pengembangan komputer

pengembangan komputer ini sudah lebih jelas untuk mengatur ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektronik. Large Scale Integration atau LSI dapat memuat semua ratusan komponen yang ada dalam satu chip. kemudian pada tahun 1980-an, Very Large SCale Integration atau VLSI memuat ribuan komponen dalam satu chip.

Dalamsatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.


  • Kehandalan Komputer

Chip Intel 4004 yangtelah dibuat pada tahun 1971 membawa dampak kemajuan terhadap IC dengan meletakan seluruh komponen dari sebuah komputer (Central Processing Unit,Memori, dan kendali input/output). Sebelum IC itu di buat untuk mengerjakan suatu tugas yang sangat tertentu maka dari itu bersifat spesifik.
Sebuah mikroprosesor dapat diciptakan dan kemudian di program untuk memenuhi semua kebutuhan yang di inginkan oleh pikiran masyarakat, tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti, Microwave oven,televisi,lampu listrik, dan juga mobil dengan electronic fuel injection,semua alat di lenkapi dengan Mikroprosesor.
  • perangkat komputer
Mereka menawarkan hasil ciptaannya kepada masyarakat umum. komputer-komputer tersebut dinamakan dengan komputer mini/mini komputer.
kemudian IBM mencoba memperkenalkan pengunaan mesin komputer tersebut, pada tahun 1981, untuk penguna personal computer di rumah, kantor,dan sekolah. hanya memiliki dua(2) juta unit komputer, kemudian pada tahun 1981 melonjak naik mencapai lima,lima(5,5)juta unit komputer. Lalu di kembangkan oleh masyarakat setempat.

0 Comments:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar