Rabu, 24 Juli 2019

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Informatika 2019




KelasKompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: KeterampilanJam Pelajaran
PAUD[PAUD-3.] Mengenal teknologi sederhana terkait TIK (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, transportasi, peralatan di area publik). [PAUD-4.] Merasakan kegunaan teknologi sederhana terkait TIK untuk sarana penunjang kehidupan sehari-hari (peralatan rumah tangga, peralatan bermain).4
I[I-3.] Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.[I-4.] Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.4
II[II-3.] Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.[II-4.] Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.4
III[III-3.] Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.[III-4.] Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.4
IV[IV-3.] Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.[IV-4.] Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.4
V[V-3.] Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.[V-4.] Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.4
VI[VI-3.] Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.[VI-4.] Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.4
VII[VII-3.] Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.[VII-4.] Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.4
VIII[VIII-3.] Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.[VIII-4.] Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.4
IX[IX-3.] Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.[IX-4.] Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.4
X[X-3.] Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.[X-4.] Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.4
XI[XI-3.] Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.[XI-4.] Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.4
XII[XII-3.] Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.[XII-4.] Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.4



PAUD

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[PAUD-3.] Mengenal teknologi sederhana terkait TIK (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, transportasi, peralatan di area publik). [PAUD-4.] Merasakan kegunaan teknologi sederhana terkait TIK untuk sarana penunjang kehidupan sehari-hari (peralatan rumah tangga, peralatan bermain).
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Teknologi Informasi dan Komputer
[PAUD-3.0.a.] Mengenal teknologi sederhana terkait TIK (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, transportasi, peralatan di area publik).
[PAUD-3.0.b.] Mengenal aplikasi permainan edukasi (berpikir komputasional sederhana).
[PAUD-4.0.a.] Merasakan kegunaan teknologi sederhana terkait TIK untuk sarana penunjang kehidupan sehari-hari (peralatan rumah tangga, peralatan bermain).
[PAUD-4.0.b.] Menggunakan aplikasi permainan edukasi, baik yang dengan menggunakan komputer sederhana seperti HP atau dengan kartu, lego atau objek nyata lainnya.

SD - kelas I

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[I-3.] Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.[I-4.] Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Teknologi Informasi dan Komputer
[I-3.0.a.] Mengetahui "code of conduct" dan "best practices" (kode etik dan praktik terbaik) memakai sistem TIK di laboratorium maupun dalam praktik sehari-hari..
[I-3.0.b.] Mengetahui manfaat aplikasi edukasi.
[I-4.0.a.] Menggunakan sistem TIK untuk mengerjakan tugas di laboratorium dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-harinya, sesuai "code of conduct" dan "best practices" (kode etik dan praktik terbaik) yang diperkenalkan guru.
[I-4.0.b.] Menjalankan aplikasi edukasi terkait kokurikuler sesuai dengan kelas 1 SD.
Topik Teknik Komputer
[I-3.1.a.] Mengenal perangkat terkait TIK yang sangat mudah dan intuitif untuk digunakan, misalnya handphone, tablet serta mengenal fungsi-fungsi dasarnya.
[I-3.1.b.] Mengenal ergonomi dan pengoperasian perangkat TIK
[I-4.1.a.] Mengoperasikan perangkat TIK dengan baik, misalnya duduk mengoperasikan tablet, smart phone dengan jarak pandang yang tidak mengganggu kesehatan, tidak membaca HP di tempat gelap
[I-4.1.b.] Menggunakan perangkat dengan baik, misalnya: menutup HP/tablet dengan baik, men-charge, menelpon.
Topik Computational Thinking (Tematis)
[I-3.6.] Berpikir komputasional (Computational Thinking) untuk persoalan sangat sederhana sesuai kemampuan Kelas I SD.[I-4.6.] Memecahkan persoalan sehari-hari yang sangat sederhana dan diungkapkan secara menarik, yang menggambarkan proses komputasi. Latihan tidak harus menggunakan komputer, tetapi dapat dilakukan memakai media seperti kartu, puzzle dan permainan edukasi lainnya
Topik Praktika Komputer Lintas Bidang (Tematis)
[I-3.7.] (*)[I-4.7.a.] Fostering computing culture (menumbuh-kembangkan budaya hidup dengan memanfaatkan TIK) lewat CT
[I-4.7.b.] Kolaborasi lewat tematik
[I-4.7.c.] Communicating about computing (mengkomunikasikan tentang TIK) lewat pengungkapan secara lisan pengalaman berpikir komputasional dan penggunaan TIK.
Topik Kokurikuler (Tematis)
[I-3.8.] Kerjasama dengan mapel lain dengan memakai TIK[I-4.8.] Menyelesaikan persoalan atau tugas mata pelajaran Kelas 1 SD dengan menggunakan aplikasi edukasi, dalam kegiatan kokurikuler.

SD - kelas II

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[II-3.] Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.[II-4.] Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Teknologi Informasi dan Komputer
[II-3.0.] Mengenal fitur sederhana aplikasi untuk menggambar.[II-4.0.a.] Menjalankan aplikasi edukasi terkait kokurikuler sesuai dengan kelas 2 SD.
[II-4.0.b.] Menjalankan aplikasi menggambar.
Topik Teknik Komputer
[II-3.1.] Mengenal komponen untuk berinteraksi dengan perangkat TIK[II-4.1.] Mengetik dengan keyboard, menggunakan layar sentuh untuk berinteraksi
Topik Computational Thinking (Tematis)
[II-3.6.] Berpikir komputasional (Computational Thinking) untuk persoalan sangat sederhana sesuai Kelas II SD[II-4.6.] Memecahkan persoalan sehari-hari yang sangat sederhana, diungkapkan dengan gambar/visual dan secara menarik, yang menggambarkan proses komputasi. Latihan tidak perlu dilakukan dengan komputer, tetapi dapat memakai kartu, lego atau alat peraga edukasi lainnya
Topik Praktika Komputer Lintas Bidang (Tematis)
[II-3.7.] Cross-Cut Component, Capstone (Integrasi pengetahuan dan keterampilan), Praktek[II-4.7.a.] Fostering computing culture menumbuh-kembangkan budaya ber-TIK lewat berpikir komputasional dan menggambar dengan menggunakan aplikasi.
[II-4.7.b.] Kolaborasi lewat tematik.
[II-4.7.c.] Communicating about computing : Mengkomunikasikan tentang TIK lewat pengungkapan secara lisan
Topik Kokurikuler (Tematis)
[II-3.8.] Kerjasama dengan mapel lain dengan memakai TIK[II-4.8.] Menyelesaikan persoalan atau tugas mata pelajaran Kelas 2 SD dengan menggunakan aplikasi edukasi, dalam kegiatan kokurikuler.

SD - kelas III

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[III-3.] Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.[III-4.] Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Teknologi Informasi dan Komputer
[III-3.0.a.] Mengenal fitur lebih kompleks aplikasi untuk menggambar.
[III-3.0.b.] Mengenal aplikasi untuk mengetik teks.
[III-4.0.a.] Menjalankan aplikasi edukasi terkait kokurikuler sesuai dengan kelas 3 SD
[III-4.0.b.] Memakai aplikasi edukasi untuk berhitung, menggambar dan mengetik teks sederhana.
Topik Teknik Komputer
[III-3.1.] Mengenal laptop.[III-4.1.a.] Menemu-tunjukkan laptop, bagian-bagianya, dan fungsinya
[III-4.1.b.] Membuka, menutup laptop dengan baik
[III-4.1.c.] Mengetik dengan keyboard, menggunakan layar sentuh untuk berinteraksi (dengan lebih presisi)
Topik Jaringan Komputer
[III-3.2.] Mengenal signal HP dan Wifi dan kekuatannya.[III-4.2.] Menemu-tunjukkan sinyal HP dan Wifi dan kekuatannya.
Topik Analisis Data
[III-3.3.a.] Sorting (pengurutan dta)
[III-3.3.b.] Searching (perncarian data)
[III-4.3.a.] Mengurutkan kartu atau benda-benda lain untuk mendapatkan sensibilitas tentang komputational.
[III-4.3.b.] Memilah dan memilih kartu sesuai kriteria tertentu yang diberikan.
Topik Algoritma dan Pemrograman
[III-3.4.] Mengenal aplikasi pemroses teks sederhana >>> apakah seharusnya masuk dalam TIK ?[III-4.4.] Mampu menuliskan urutan pekerjaan/tugas dengan menggunakan aplikasi pemroses sederhana.
Topik Dampak Sosial TIK
[III-3.5.a.] Mengetahui dampak-dampak langsung dari pemakaian piranti dan aplikasi.
[III-3.5.b.] Mengenal bahwa piranti dapat digunakan untuk menunjang tugas secara efektif, atau untuk "entertainment" (hiburan).
[III-3.5.c.] Mengetahui bahwa Komputer mengubah cara manusia bekerja, misalnya mengirim pesan dengan lebih cepat, membuat belajar lebih menyenangkan karena dinamika, namun menyebabkan lupa waktu atau efek negatif lainnya.
[III-3.5.d.] Mengenal bahwa TIK dapat membantu atau mempunyai dampak negatif.
[III-4.5.a.] Mampu mengendalikan diri terhadap dampak-dampak langsung dari pemakaian piranti dan aplikasi.
[III-4.5.b.] Mampu menghindari dampak negatif dari piranti dari yang diajarkan, misalnya menggunakan tablet hanya pada saat ditentukan.
Topik Computational Thinking (Tematis)
[III-3.6.] Computational Thinking untuk persoalan sangat sederhana sesuai Kelas III SD[III-4.6.a.] Memecahkan persoalan sehari-hari yang sangat sederhana dan diungkapkan dalam bentuk teks/gambar secara menarik, yang menggambarkan proses komputasi. Latihan tidak perlu dilakukan dengan komputer, tetapi dapat memakai kartu, lego atau alat peraga edukasi lainnya.
Topik Praktika Komputer Lintas Bidang (Tematis)
[III-3.7.] (*)[III-4.7.a.] Fostering computing culture (menumbuhka-kembangkan budaya ber-TIK lewat berpikir komputasional.
[III-4.7.b.] Kolaborasi lewat tematik.
[III-4.7.c.] Communicating about computing (mengkomunikasikan tentang TIK lewat pengungkapan secara lisan pengalaman berpikir komputasional dan penggunaan produk TIK.
Topik Kokurikuler (Tematis)
[III-3.8.] Kerjasama dengan mata pelajaran lain dengan memakai TIK[III-4.8.] Menyelesaikan persoalan atau tugas mata pelajaran Kelas 3 SD dengan menggunakan aplikasi edukasi, dalam kegiatan kokurikuler.

SD - kelas IV

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[IV-3.] Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.[IV-4.] Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Teknologi Informasi dan Komputer
[IV-3.0.] Mengenal aplikasi pengolah kata: deskripsi umum, nama, fitur, kegunaan.[IV-4.0.a.] Mampu menjalankan aplikasi edukasi terkait kokurikuler sesuai dengan kelas 4 SD.
[IV-4.0.b.] Memakai aplikasi mengetik teks berformat (font, ukuran).
Topik Teknik Komputer
[IV-3.1.] Mengenal komputer yang lebih nyata, misalnya PC.[IV-4.1.] Menghidupkan, memakai, mematikan komputer dengan antar muka OS yang grafis
Topik Analisis Data
[IV-3.3.a.] Sorting (mengurutkan data)
[IV-3.3.b.] Sorting (mengurutkan data), Clustering (mengelompokkan, mengklasifikasi data) & Searching (mencari data)
[IV-3.3.c.] Sorting (mengurutkan data) dengan urutan lebih dari satu kriteria , Clustering (mengelompokkan, mengklasifikasi data dalam kelompok dan sub-kelompok) & Searching (mencari data dengan metoda lebih efisien)
[IV-4.3.a.] Mengurutkan kartu atau benda-benda lain yang lebih banyak dibanding saat kelas 3, untuk mendapatkan sense komputational.
[IV-4.3.b.] Memilah dan memilih kartu sesuai kriteria tertentu yang diberikan dengan kriteria lebih banyak.
[IV-4.3.c.] Memilah dan memilih kartu sesuai kriteria tertentu yang diberikan dengan kriteria lebih banyak.
Topik Algoritma dan Pemrograman
[IV-3.4.] Fitur lanjut Aplikasi Pemroses Kata[IV-4.4.] Mampu menuliskan urutan pekerjaan/tugas dengan menggunakan aplikasi pemroses kata dengan menggunakan fitur lebih kompleks, misalnya numbering, list dan menyelipkan gambar.
Topik Dampak Sosial TIK
[IV-3.5.] Menyebutkan dampak-dampak langsung dari pemakaian piranti dan aplikasi email[IV-4.5.a.] Membuat, mengedit, mengirim surat elektronik dengan sopan santun baik isi dan caranya.
Topik Computational Thinking (Tematis)
[IV-3.6.] Computational Thinking untuk persoalan sangat sederhana sesuai Kelas IV SD[IV-4.6.] Memecahkan persoalan sehari-hari yang sangat sederhana dan diungkapkan dalam bentuk teks/gambar secara menarik, yang menggambarkan proses komputasi. Latihan dapat mulai dilakukan secara online
Topik Praktika Komputer Lintas Bidang (Tematis)
[IV-3.7.] (*)[IV-4.7.a.] Fostering computing culture (menumbuh-kembangkan budaya ber-TIK) lewat berpikir komputasional.
[IV-4.7.b.] Kolaborasi lewat tematik.
[IV-4.7.c.] Communicating about computing (mengkomunikasikan TIK lewat pengungkapan secara lisan pengalaman berpikir komputasional dan penggunaan produk TIK.
Topik Kokurikuler (Tematis)
[IV-3.8.] Kerjasama dengan mapel lain dengan memakai TIK[IV-4.8.] Menyelesaikan persoalan atau tugas mata pelajaran Kelas 4 SD dengan menggunakan aplikasi edukasi, dalam kegiatan kokurikuler.

SD - kelas V

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[V-3.] Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.[V-4.] Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Teknologi Informasi dan Komputer
[V-3.0.a.] Mengenal fitur lebih kompleks dari pengolah kata.
[V-3.0.b.] Mengenal aplikasi pengolah angka: deskripsi umum, kegunaan, fitur dasar
[V-4.0.a.] Memanfaatkan aplikasi pengolah kata terkait kokurikuler sesuai dengan Kelas 5 SD.
[V-4.0.b.] Memakai aplikasi pengolah angka untuk membuat laporan yang lebih banyak bersifat kuantitatif
[V-4.0.c.] Memakai aplikasi browser dan mesin pencari.
Topik Teknik Komputer
[V-3.1.] Mengenal komputer yang lebih nyata, misalnya PC.[V-4.1.] Mampu membersihkan keyboard dan PC, menghidupkan dan mematikan, memakai komputer yang sudah tersedia untuk tugas-tugas.
Topik Analisis Data
[V-3.3.] Sorting (mengurutkan data), Clustering (mengelompokkan dan mengklasifikasikan data) & Searching (mencari data)[V-4.3.] Melakukan kemampuan di kelas sebelumnya (dengan kartu), tapi lebih banyak dan proses lebih kompleks
Topik Algoritma dan Pemrograman
[V-3.4.] Algoritma, Prosedur Kerja[V-4.4.] Menuliskan urutan langkah ("algoritma" bukan dalam notasi formal) dalam bahasa sehari-hari (bahasa Indonesia) sesuai umurnya. Urutan langkah memakai kata yang maknanya dipahami oleh penulis perintah dan pelaku eksekusi: baca, tulis, simpan, ulangi, "jika-maka" (kalimat kondisional) .
Topik Dampak Sosial TIK
[V-3.5.] Mengenali hak cipta akan karya-karya digital orang lain.[V-4.5.a.] Mencantumkan sumber teks, gambar, dan informasi lain yang bukan karyanya
[V-4.5.b.] Menyadari konsekuensi dalam mempublikasikan materi digital di internet.
[V-4.5.c.] Berkomunikasi dengan baik melalui media sosial.
[V-4.5.d.] Mengenali pesan yang mengancamnya
Topik Computational Thinking (Tematis)
[V-3.6.] Computational Thinking untuk persoalanyang lebih kompleks dari kelas sebelumnya, yang sesuai Kelas V SD[V-4.6.] Memecahkan persoalan sehari-hari yang lebih kompleks namun masih skala kecil, dan diungkapkan dalam bentuk teks/gambar secara menarik, yang menggambarkan proses komputasi.
Topik Praktika Komputer Lintas Bidang (Tematis)
[V-3.7.] (*)[V-4.7.a.] Fostering computing culture (menumbuh-kembangkan budaya ber-TIK) lewat CT.
[V-4.7.b.] Kolaborasi lewat tematik.
[V-4.7.g.] Communicating about computing Mengkomunikasikan tentang TIK lewat pengungkapan secara lisan pengalaman berpikir komputasional dan penggunaan TIK.
Topik Kokurikuler (Tematis)
[V-3.8.] Kerjasama dengan mapel lain dengan memakai TIK[V-4.8.a.] Menyelesaikan persoalan atau tugas mata pelajaran Kelas 5 SD dengan menggunakan aplikasi edukasi dan membuat dokumen yang lebih bermakna (surat, laporan, presentasi foto/gambar), dalam kegiatan kokurikuler.
[V-4.8.b.] Mencari informasi tertentu di internet terkait materi pelajaran Kelas 5 SD.

SD - kelas VI

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[VI-3.] Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.[VI-4.] Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Teknologi Informasi dan Komputer
[VI-3.0.a.] Mengenal fitur lebih kompleks dari pengolah kata.
[VI-3.0.b.] Mengenal fitur lebih kompleks aplikasi pengolah angka.
[VI-3.0.c.] Mengenal aplikasi presentasi: deskripsi umum.
[VI-4.0.a.] Menjalankan aplikasi edukasi terkait kokurikuler sesuai dengan Kelas 6 SD
[VI-4.0.b.] Memakai aplikasi mengetik dokumen lengkap dalam bentuk laporan yang mengandung teks, angka dan gambar, sampai mencetaknya.
[VI-4.0.c.] Memakai aplikasi membuat presentasi sederhana.
[VI-4.0.d.] Mencari informasi menggunakan mesin pencari secara sistematis.
Topik Teknik Komputer
[VI-3.1.] Mengenal komputer yang lebih nyata, misalnya PC.[VI-4.1.] Membersihkan keyboard dan PC, menghidupkan dan mematikan, memakai untuk tugas-tugas.
Topik Analisis Data
[VI-3.3.] Sorting (mengurutkan data), Clustering (mengelompokkan data), filter (memilih data sesuai kriteria), Find (menemukan data) dengan menggunakan "tools" (aplikasi komputer)[VI-4.3.] Melakukan kemampuan di kelas sebelumnya (dengan kartu), sekarang dengan pengolah angka.
Topik Algoritma dan Pemrograman
[VI-3.4.] Algoritma, Program prosedural[VI-4.4.] Menuliskan algoritma dalam bahasa sesuai umurnya.
Topik Dampak Sosial TIK
[VI-3.5.a.] Mengakui hak cipta karya-karya digital orang lain.
[VI-3.5.b.] Memahami bahwa informasi dapat diambil dan tersebar dengan cepat dan memahami dampaknya.
[VI-4.5.a.] Mencantumkan sumber teks, gambar, dan informasi lain yang bukan karyanya.
[VI-4.5.b.] Menyadari konsekuensi dalam mempublikasikan materi digital di internet.
[VI-4.5.c.] Berkomunikasi dengan baik melalui media sosial.
[VI-4.5.d.] Mengenali pesan yang mengancamnya.
Topik Computational Thinking (Tematis)
[VI-3.6.] Computational Thinking untuk persoalan lebih kompleks dari sebelumnya, yang sesuai untuk Kelas VI SD[VI-4.6.] Memecahkan persoalan sehari-hari yang lebih kompleks namun masih skala kecil, dan diungkapkan dalam bentuk teks/gambar secara menarik, yang menggambarkan proses komputasi.
Topik Praktika Komputer Lintas Bidang (Tematis)
[VI-3.7.] (*)[VI-4.7.a.] Fostering computing culture : menumbuh-kembangkan budaya ber-TIK dengan dasar informatika melalui berpikir komputasional.
[VI-4.7.b.] Kolaborasi lewat tematik.
[VI-4.7.g.] Communicating about computing :mengkomunikasikan tentang TIK lewat pengungkapan secara lisan pengalaman berpikir komputasional dan penggunaan produk TIK.
Topik Kokurikuler (Tematis)
[VI-3.8.] Kerjasama dengan mapel lain dengan memakai TIK[VI-4.8.a.] Menyelesaikan persoalan atau tugas mata pelajaran Kelas 6 SD dengan menggunakan aplikasi membuat laporan dan membuat bahan presentasi, dalam kegiatan kokurikuler.
[VI-4.8.b.] Mencari informasi di internet terkait mata pelajaran Kelas 6 SD dengan menggunakan mesin pencari untuk tugas pelajaran Kelas 6 SD.

SMP - Kelas VII

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[VII-3.] Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.[VII-4.] Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Teknik Komputer
[VII-3.1.] Mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi.[VII-4.1.a.] Mengamati saat sebuah piranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai.
[VII-4.1.b.] Mematikan komputer dengan benar.
[VII-4.1.c.] Menjelaskan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar berbagai piranti.
Topik Analisis Data
[VII-3.3.] Mengenal data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, dan cara menyimpan, serta mengaksesnya.[VII-4.3.] Membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus dan hasil pemakaian beberapa fungsi.
Topik Algoritma dan Pemrograman
[VII-3.4.a.] Memahami program visual dari demo dan tutorial.
[VII-3.4.b.] Mengenal cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual yang dipakai.
[VII-4.4.] Meniru (menulis ulang) sebuah program sederhana di lingkungan visual, untuk berkenalan dengan lingkungan.
Topik Dampak Sosial TIK
[VII-3.5.] Memahami makna kolaborasi dalam masyarakat digital.[VII-4.5.]
Topik Computational Thinking (Tematis)
[VII-3.6.] Computational Thinking untuk menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung struktur data lebih kompleks dan berpola.[VII-4.6.] Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung graf/jejaring, pola sederhana, dan algoritmik (terutama untuk robot/gerakan visual).
Topik Praktika Komputer Lintas Bidang (Tematis)
[VII-3.7.] (*)[VII-4.7.a.] Menumbuhkan budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
[VII-4.7.b.] Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputing.
[VII-4.7.c.] Mengenali dan mendefinisikan Persoalan yang pemecahannya dapat didukung dengan komputer.
[VII-4.7.d.] Mengembangkan dan menggunakan abstraksi (model).
[VII-4.7.e.] Mengembangkan Artefak komputasional (produk TIK): Siswa mampu menulis rumus untuk menunjang komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
[VII-4.7.f.] Mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak Komputasional (produk TIK).
[VII-4.7.g.] Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memerhatikan Hak kekayaan intelektual.

SMP - Kelas VIII

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[VIII-3.] Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.[VIII-4.] Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Jaringan Komputer
[VIII-3.2.a.] Mengenal Internet dan jaringan lokal, serta komunikasi data via HP (teknologi komunikasi).
[VIII-3.2.b.] Mengenal konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, broadband).
[VIII-3.2.c.] Mengenal enkripsi sebagai salah satu cara untuk memproteksi data, merahasiakan, dan membatasi akses terhadap yang tak berhak.
[VIII-4.2.] Melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet.
Topik Algoritma dan Pemrograman
[VIII-3.4.] Memahami bahwa bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer melalui algoritma, dan bahwa algoritma dirancang untuk mengeneralisasi solusi berbagai situasi.[VIII-4.4.a.] Membuat robot yang mampu menggambar atau menulis dengan program sederhana.
[VIII-4.4.b.] Mendefinisikan variabel, menyimpan data dan mengubahnya.
[VIII-4.4.c.] Memakai instruksi kondisional
Topik Dampak Sosial TIK
[VIII-3.5.a.] Mengenal lebih dalam perkembangan komputer dan teknologi yang mengubah kehidupan sehari-hari.
[VIII-3.5.b.] Mengenal media sosial dan dampaknya.
[VIII-4.5.] Memakai media sosial dengan baik dan berguna, dengan memperhatikan privacy dan hak orang lain.
Topik Computational Thinking (Tematis)
[VIII-3.6.] Computational Thinking untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya[VIII-4.6.] Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik.
Topik Praktika Komputer Lintas Bidang (Tematis)
[VIII-3.7.] (*)[VIII-4.7.a.] Fostering computing culture (menumbuhkan budaya informatika dan TIK) lewat berpikir komputasional.
[VIII-4.7.b.] Kolaborasi lewat tematik.
[VIII-4.7.c.] Recognizing and defining computational problems (mengenali dan mendefinisikan problema-problema yang dapat diselesaikan dengan model komputasi.
[VIII-4.7.d.] Developing and using abstractions (mengembangkan dan menggunakan abstraksi
[VIII-4.7.e.] Creating computational artefacts: Mengembangkan atau bahkan jika mampu menciptakan artefak/produk TIK atau model komputasi misalnya program komputer.
[VIII-4.7.f.] Testing and refining computational artefacts : menguji dan memperbaiki/menyempurnakan artefak/produk TIK atau model komputasi.
[VIII-4.7.g.] Communicating about computing Mengkomunikasikan tentang informatika lewat pengungkapan secara lisan pengalaman berpikir komputasional dan penggunaan TIK.

SMP - Kelas IX

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[IX-3.] Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.[IX-4.] Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Teknologi Informasi dan Komputer
[IX-3.0.a.] Mengenal fitur lanjut browser.
[IX-3.0.b.] Mengenal fitur aplikasi CMS (Content Management System, pengelola konten web, sedapat mungkin yang berupa freeware), dan memakai untuk membuat blog.
[IX-4.0.a.] Membuat laporan tugas dengan paket office (terpadu).
[IX-4.0.b.] Membuat blog untuk menunjang aktivitas siswa, contohnya membuat logbook kegiatan terkait sekolah.
Topik Teknik Komputer
[IX-3.1.] Memahami fungsi sistem komputer (hardware dan OS) yang memungkinkannya untuk menerima input, menyimpan, memroses dan mengoutputkan data sesuai dengan spesifikasinya.[IX-4.1.a.] Menjelaskan mekanisme di sistem komputer.
[IX-4.1.b.] Menjelaskan bagaimana data disimpan dan diproses (unit pengolahan logika dan aritmatika).
Topik Analisis Data
[IX-3.3.a.] Memahami bahwa setiap aplikasi menyimpan data sesuai representasinya (word-doc, excel-tabel, ppt- slides).
[IX-3.3.b.] Memahami pengolahan data menggunakan fitur lanjut aplikasi office.
[IX-3.3.c.] Mengenal model komputasi umum.
[IX-4.3.a.] Mengolah data dengan pengolah angka untuk menghilangkan error, menyatakan hubungan, atau memudahkan untuk diproses komputer.
[IX-4.3.b.] Merancang algoritma untjuk mengotomasi pengumpulan data dan pengolahan data.
Topik Algoritma dan Pemrograman
[IX-3.4.a.] Memahami bahwa sebuah program dapat didekomposisi menjadi sub-program.
[IX-3.4.b.] Memahami persoalan komputasi dan mengusulkan solusinya.
[IX-4.4.a.] Mengimplementasi sebuah program yang memakai atau mengandung sub-program (prosedur, fungsi).
[IX-4.4.b.] Merancang solusi untuk suatu persoalan dengan mempertimbangkan beberapa keinginan, dan mengetes program untuk memenuhi kepentingan.
[IX-4.4.c.] Jika dimungkinkan, membuat “robot” yang mampu mengerjakan tugas sederhana dari kit yang disediakan. Catatan : "robot" berupa sistem komputer atau hanya perangkat lunak baik visual ataupun tak kelihatan.
Topik Dampak Sosial TIK
[IX-3.5.a.] Memahami untung/rugi serta dampak positif/negatif membiarkan informasi menjadi publik, atau private.
[IX-3.5.b.] Memahami dampak jika data dibiarkan dapat diakses publik.
[IX-4.5.a.] Memilah informasi.
[IX-4.5.b.] Mempublikasi informasi publik yang patut.
Topik Computational Thinking (Tematis)
[IX-3.6.] Computational Thinking untuk persoalan komputasi dan otomasi yang lebih kompleks dari sebelumnya[IX-4.6.] Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi dan otomasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih kompleks.
Topik Praktika Komputer Lintas Bidang (Tematis)
[IX-3.7.] (*)[IX-4.7.a.] Fostering computing culture menumbuhkan budaya komputasi lewat berpikir komputasional.
[IX-4.7.b.] Kolaborasi lewat tematik.
[IX-4.7.c.] Recognizing and defining computational problems (mengenali dan mendefinisikan problema-problema lebih kompleks dari sebelumnya yang dapat diselesaikan dengan model komputasi.
[IX-4.7.d.] Developing and using abstractions (mengembangkan dan menggunakan abstraksi
[IX-4.7.e.] Creating computational artefacts: Mengembangkan atau bahkan jika mampu menciptakan artefak/produk TIK atau model komputasi misalnya program komputer.
[IX-4.7.f.] Testing and refining computational artefacts : menguji dan memperbaiki/menyempurnakan artefak/produk TIK atau model komputasi.
[IX-4.7.g.] Communicating about computing (mengkomunikasikan informatika) lewat pengungkapan secara lisan maupun tulisan tentang produk TIK yang dihasilkan [CP-5].

SMA - Kelas X

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[X-3.] Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.[X-4.] Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Teknologi Informasi dan Komputer
[X-3.0.] Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office (pengolah kata, angka, presentasi).[X-4.0.a.] Membuat laporan yang membutuhkan integrasi objek berupa teks, data dalam bentuk angka maupun visualisasi chart/grafik, gambar/foto.
[X-4.0.b.] Memakai fitur lanjut aplikasi office.
Topik Teknik Komputer
[X-3.1.a.] Memahami interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna.
[X-3.1.b.] Mengenal jenis-jenis persoalan terkait penggunaan komputer yang lebih kompleks dari sebelumnya.
[X-4.1.] Melakukan interaksi (transfer data, tethering) antara dua atau lebih perangkat yang berbeda.
Topik Jaringan Komputer
[X-3.2.] Mengenal jaringan komputer lebih teknis.[X-4.2.a.] Menjelaskan komponen jaringan dan mekanisme yang terjadi dalam sebuah jaringan.
[X-4.2.b.] Menjelaskan jenis-jenis jaringan komputer
Topik Analisis Data
[X-3.3.a.] Memahami bahwa data dapat dikoleksi secara kontinyu dan otomatis melalui berbagai perangkat.
[X-3.3.b.] Memahami aspek privasi dalam pengumpulan data.
[X-3.3.c.] Memahami data yang terkumpul dalam jumlah besar yang dapat ditransformasi, digeneralisasi, disederhanakan.
[X-3.3.d.] Mengenal berbagai cara visualiasi data.
[X-4.3.a.] Melakukan berbagai cara pengumpulan data yang dijelaskan di kelas
[X-4.3.b.] Mengambil dan mempublikasi data dengan memerhatikan aspek privasi.
[X-4.3.c.] Memroses data dengan fitur lanjut pemroses angka.
[X-4.3.d.] Memvisualisasikan data dalam jumlah besar serta memberikan interpretasi yang berdasarkan penalaran dan prediksi data dengan memanfaatkan fitur visualisasi dari pengolah angka
Topik Algoritma dan Pemrograman
[X-3.4.a.] Mengenal notasi algoritma.
[X-3.4.b.] Mengenal struktur/templates program dalam bahasa yang diajarkan.
[X-3.4.c.] Memahami variabel, value, konstanta, ekspresi dan instruksi input/output.
[X-3.4.d.] Memahami mekanisme eksekusi kondisional dan loop.
[X-3.4.e.] Memahami struktur data dasar (array sederhana).
[X-4.4.a.] Menulis program sederhana dengan satu program utama yang memakai salah satu atau gabungan dari pengetahuan X.3.4.a sampai dengan X.3.4.e
[X-4.4.b.] Mengkombinasikan struktur kontrol dan mengetahui akibatnya, berdasarkan dengan pengathuan X.3.4.a sampai dengan X.3.4.e
Topik Dampak Sosial TIK
[X-3.5.a.] Mengenal Aspek sosial dari penggunaan komputer.
[X-3.5.b.] Mengetahui bahwa rancangan dan penggunaan teknologi dapat memperbaiki kualitas hidup atau memperburuk, bahkan memperlebar kesenjangan untuk mengakses informasi.
[X-4.5.] Menunjukkan dan menjelaskan kasus-kasus sosial dari implementasi produk TIK yang menimbulkan dampak positif dan/atau negatif.
Topik Computational Thinking (Tematis)
[X-3.6.] Computational Thinking untuk menyelesaikan persoalan yang lebih kompleks dari sebelumnya, yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data, serta berpola.[X-4.6.] Memecahkan persoalan agak kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data serta berpola.
Topik Praktika Komputer Lintas Bidang (Tematis)
[X-3.7.] (*)[X-4.7.a.] Membina Budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
[X-4.7.b.] Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputing.
[X-4.7.c.] Mengenali dan mendefinisikan Persoalan yang pemecahannya dapat didukung dengan komputer.
[X-4.7.d.] Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
[X-4.7.e.] Mengembangkan Artefak komputasional (produk TIK): Siswa mampu membuat program sederhana untuk menunjang komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
[X-4.7.f.] Mengembangkan rencana pengujian, Menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak Komputasional (produk TIK).
[X-4.7.g.] Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memerhatikan Hak kekayaan intelektual.

SMA - Kelas XI

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[XI-3.] Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.[XI-4.] Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Teknik Komputer
[XI-3.1.] Memahami cara merakit/memrogram piranti sederhana (embedded system) yang tersedia di pasaran.[XI-4.1.] Memrogram dan merakit piranti sederhana embedded system (berangkat dari contoh yang sudah ada) yang bersifat tepat guna.
Topik Jaringan Komputer
[XI-3.2.a.] Mengenal topologi jaringan, sehingga berapa banyak komputer yang terhubung serta dampaknya terbatas.
[XI-3.2.b.] Memahami bahwa keamanan jaringan tergantung dari kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, dan harus ada sistem yang baik untuk mengontrol akses data ke sistem.
[XI-4.2.] Melakukan setting koneksi dengan aman ke jaringan dari suatu perangkat.
Topik Analisis Data
[XI-3.3.a.] Memahami bahwa Data dapat bersifat kompleks dan dapat didekomposisi menjadi elemen-elemen data.
[XI-3.3.b.] Memahami bahwa organisasi dan penyimpanannya akan mempengaruhi cost, speed, reliability, accesability, privacy dan itegerity.
[XI-3.3.c.] Memahami bahwa penalaran dan prediksi terhadap suatu data tergantung pada model.
[XI-4.3.a.] Mengumpulkan data besar dari berbagai sumber.
[XI-4.3.b.] Mengorganisasikan, menyimpan dan mengolah data yang kompleks berdasarkan suatu model yang sudah ada.
[XI-4.3.c.] Memeriksa kesesuaian model terhadap data.
Topik Algoritma dan Pemrograman
[XI-3.4.a.] Mengenal modularisasi dalam penulisan program.
[XI-3.4.b.] Mengenal beberapa proses standard (search, sort) yang primitif/sederhana.
[XI-3.4.c.] Mengetahui adanya algoritma-algoritma standard yang efisien untuk keperluan-keperluan tertentu termasuk yang berdasarkan konsep AI.
[XI-4.4.a.] Menulis program yang mengandung prosedur/fungsi dan array (Siswa mampu menulis pemecahan persoalan dalam bentuk program moduler, yang sudah mengandung parameter-parameter).
[XI-4.4.b.] Melakukan pemecahan persoalan dengan cara sederhana.
[XI-4.4.c.] Melakukan pemecahan persoalan dengan cara lebih advance.
[XI-4.4.d.] Mengevaluasi dan memilih algoritma berdasarkan perfomansi, penggunaan ulang dan kemudahan implementasi.
[XI-4.4.e.] Mengenal beberapa algoritma yang dipakai mengembangkan software, mengamankan data dan menyimpan informasi.
Topik Dampak Sosial TIK
[XI-3.5.a.] Mengetahui hak kekayaan intelektual dari karya perangkat TIK yang dihasilkan.
[XI-3.5.b.] Mengetahui adanya berbagai lisensi dalam penggunakan komponen perangkat yang dibuat.
[XI-3.5.c.] Mengetahui aspek ekonomi dan bisnis dari suatu kekayaan intelektual.
[XI-4.5.a.] Mengidentifikasi lisensi dari komponen perangkat lunak.
[XI-4.5.b.] Menjelaskan aspek ekonomi dan bisnis dari perangkat TIK yang dihasilkan.
Topik Computational Thinking (Tematis)
[XI-3.6.] Computational Thinking untuk memecahkan persoalan yang lebih kompleks dari sebelumnya, dengan data bervolume lebih besar.[XI-4.6.] Memecahkan persoalan kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data dan ukuran data cukup besar.
Topik Praktika Komputer Lintas Bidang (Tematis)
[XI-3.7.] (*)[XI-4.7.a.] Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
[XI-4.7.b.] Mampu berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputing khususnya dalam file sharing.
[XI-4.7.c.] Mengenali dan mendefinisikan Persoalan yang pemecahannya dapat didukung dengan komputer.
[XI-4.7.d.] Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
[XI-4.7.e.] Mengembangkan program yang melakukan komputasi sederhana untuk menunjang pelajaran lainnya.
[XI-4.7.f.] Mengembangkan rencana pengujian, Menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak Komputasional (produk TIK).
[XI-4.7.g.] Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memerhatikan Hak kekayaan intelektual.

SMA - Kelas XII

Kompetensi Inti: PengetahuanKompetensi Inti: Keterampilan
[XII-3.] Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.[XII-4.] Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar: PengetahuanKompetensi Dasar: Keterampilan
Topik Algoritma dan Pemrograman
[XII-3.4.a.] Mengetahui kualitas program/source code dari kriteria yang diberikan (readability. Robustness, performance).
[XII-3.4.b.] Memahami test case dan tata cara pengujian program.
[XII-4.4.a.] Melakukan modifikasi program tanpa mengubah struktur dan menyebabkan masalah.
[XII-4.4.b.] Bekerja dalam tim untuk mengembangkan dan menguji program.
Topik Dampak Sosial TIK
[XII-3.5.a.] Mengetahui dan memahami aspek legal dari TIK seperti : privacy, data, property, information, identity serta dampaknya.
[XII-3.5.b.] Mengetahui ada berbagai hukum dan etik internasional yang dapat mempengaruhi aspek legal perangkat lunak.
[XII-3.5.c.] Mengetahui manfaat kemampuan TIK dan Informatika dalam berbagai bidang pekerjaan.
[XII-4.5.a.] Menjelaskan aspek legal dari TIK.
[XII-4.5.b.] Menjelaskan berbagai hukum dan etik internasional terkait aspek legal perangkat TIK.
[XII-4.5.c.] Menjelaskan manfaat kemampuan TIK dan Informatika dalam peningkatan karir dalam berbagai bidang pekerjaan.
Topik Computational Thinking (Tematis)
[XII-3.6.] Computational Thinking untuk menyelesaikan persoalan lebih kompleks, membutuhkan dekomposisi lebih rumit, dengan abstraksi lebih formal, data banyak, dan menuliskan solusi algoritmik[XII-4.6.] Memecahkan persoalan kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data serta solusi algoritmiknya.
Topik Praktika Komputer Lintas Bidang (Tematis)
[XII-3.7.] (*)[XII-4.7.a.] Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
[XII-4.7.b.] Mampu berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputing khususnya dalam file sharing.
[XII-4.7.c.] Mengenali dan mendefinisikan Persoalan yang pemecahannya dapat didukung dengan komputer.
[XII-4.7.d.] Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
[XII-4.7.e.] Melakukan tailoring/aplikasi (aplikasi khusus): membuat karya teknologi untuk memecahkan persoalan.
[XII-4.7.f.] Mengembangkan rencana pengujian, Menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak Komputasional (produk TIK atau informatika).
[XII-4.7.g.] Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memerhatikan Hak kekayaan intelektual.

Referensi:
http://aren.cs.ui.ac.id/kikd/xkikd.php






1 komentar:

  1. KABAR BAIK

    Pertama saya ingin mengatakan jika Anda takut akan berhasil, Anda tidak akan berhasil bahkan jika kesempatan datang murah dan gratis, itu semua dimulai pada malam yang dingin sementara di tempat tidur saya pergi melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah lama hari di bank mencoba untuk mengamankan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya diberitahu untuk kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya seperti selamanya jadi sementara pada saya ranjang memikirkan tindakan saya berikutnya, saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama-nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata sehingga saya menyelidiki lebih jauh dan datang di seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan rincian banknya semua ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya nyata dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Rossastanleyloancompany@gmail.com tentang kondisi saya dan formulir pinjaman diberikan, saya mengisi dan mengajukan permohonan pinjaman sebesar Rp350.000,00, dan sisanya untuk Kemuliaan Allah, saya mendapat pinjaman dari perusahaan induk rossa, jadi orang yang saya sayangi jika Anda memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin menumbuhkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk bantuan saya yakin Rp350.000.000,00 sudah cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu-ragu biaya gratis untuk menelepon atau whats app me di +6282385210327 atau menulis saya di hadiemi64@gmail.com dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu nyata

    BalasHapus